Headlines
Published On:Wednesday, 26 October 2016
Posted by Ugai Piyauto

Alfridus Dumupa: Gabung ke Organisasi, Kita Harus Selektif

Foto Usai Penyajian Materi, Ketua Panitia Makrab Ipmanapandode Jog-Lo tahun 2016, Mensep Dogomo saat Menyerahkan Cendera Mata Kepada Pemateri, Alfridus Dumupa, S.Kom/Foto: Seksi Dokumentasi, Panitia Makrab 2016
Yogyakarta- Senioritas Ikatan Pelajar Mahasiswa Nabire Paniai Dogiyai dan Deiyai (Ipmanapandode) Yogyakarta-Solo, Alfridus Dumupa, kepada para mahasiswa baru (peserta Makrab, red), saat menyampaikan materi tentang "Organisasi" pada kegiatan Makrab tahun 2016 yang berlangsung di Gedung Griya Rekoleksi St. Aloysius, Jitar-Jatiningsih, Sleman, Yogyakarta (14-15/10) lalu mengatakan, kita harus selektif sebelum pilih dan bergabung dalam sebuah organisasi.

"Selektif artinya, adik-adik harus bisa memilih organisasi mana yang penting, organisasi mana yang mendukung target adik-adik, organisasi mana yang sesuai dengan bakat yang ada pada adik-adik, dan seterusnya. Karena setiap organisasi itu ada tentu arah geraknya masing-masing," urainya.

Kemudian lagi yaitu, tambahnya, sebelum adik-adik bergabung ke sebuah organisasi, adik-adik perlu lihat dan pelajari visi-misi dari organisasi yang ingin adik-adik bergabung. Sebab pencapaian dari arah gerak sebuah organisasi itu ada pada inti dari visi-misi yang ada. Ini saya kasih tahu supaya adik-adik paling tidak ada gambaran sebelum akhirnya pilih dan bergabung dalam sebuah organisasi. Karena untuk di Jogja dan Solo sini, banyak sekali organisasi-organisasi. Baik itu organisasi agama, sosial, mahasiswa, olahraga, pemuda, dan masih banyak lagi yang bisa adik-adik bergabung.

Dalam materi yang dibawakan selama kurang lebih 2 kali 30 menit tersebut, dirinya juga memaparkan pengertian organisasi, tujuan & harapan kenapa suatu organisasi dibentuk, macam-macam organisasi, jenis-jenis organisasi, kelengkapan & atribut organisasi, dan masing-masing dibeberkannya disertai contoh-contoh yang gamblang.

Di tempat berbeda, Dumupa yang baru beberapa bulan lalu menyabet gelar S.Kom dari STMIK Akakom Yogyakarta ini berpesan, agar para mahasiswa baru yang baru bergabung ke Ipmanapandode Jog-Lo bisa belajar berorganisasi. Karena menurutnya, lewat organisasi, karakter dan kepribadian seseorang bisa terbentuk. 

"Tapi karakter serta kepribadian adik-adik tidak akan terbentuk dan akan konstan, apabila adik-adik terlibat dalam sebuah organisasi tapi tidak pernah mau ambil bagian disetiap ada kegiatan. Saya mau kalau kemudian nanti adik-adik sudah bergabung dalam sebuah organisasi, adik-adik juga turut terlibat aktif dan selalu mengambil bagian disetiap ada kegiatan. Percaya atau tidak, adik-adik akan memahami manfaatnya dikemudian hari nanti," katanya.

Terakhir, imbuhnya, organisasi ibarat lahan lapang yang menyediakan suatu sumber bagi setiap kita, yang merasa kekurangan dalam hal pengalaman dan pengetahuan. Disana kita akan dapatkan semua itu. Dan satu hal lagi yang tidak kala penting yaitu ketika berorganisasi, pahamilah apa manfaat, tujuan dan seluk beluk organisasi yang sedang kita gabung. (Herman E. Degei)
 
Sumber : Sa Pu Suara

nanomag

Saya adalah Peziarah Kehidupan yang berkelana di Ilalang Kebebasan, demi mencari kehidupan yang menghidupkan untuk mengusik Duka Nestapa di Negeri Hitamku.

.

bagikan kontent ini!

Diposting Oleh : Ugai Piyauto - Kolom

Komentar Anda :

TERPOPULER

SAHABAT

"18 TAHUN ALIANSI MAHASISWA PAPUA [AMP]"

Mengabdi Pada Gerakan Pembebasan Nasional Papua 27 Juli 1998 – 27 Juli 2016.

Saya, ALFRIDUS DUMUPA selaku admin blog UGAI PIYAUTO mengucapkan:
"Selamat Hari Ulang Tahun AMP Yang Ke - 18 ".

×