Headlines
Published On:Wednesday, 12 October 2016
Posted by Ugai Piyauto

Demi Kemajuan Teknologi, Papua Butuh Banyak Developer

Alfridus Dumupa
Apa itu developer? Developer adalah seorang programmer yang sudah terlatih, mereka tidak hanya menyelesaikan masalah, namun juga membangun suatu produk. Mereka melakukannya sesuai dengan prinsip-prinsip desain dan implementasi rekayasa perangkat lunak, termasuk hal-hal seperti kinerja, maintainability, skalabilitas dan ketahanan dalam membangun sebuah proyek software dengan mengandalkan bahasa pemrogram komputer.

Sehingga dilihat pengertian diatas ini bahwa Industri teknologi terutama di papua sangat minim, sementara di beberapa tempat di luar papua startup di bidang teknologi sedang berkembang dengan pesat.

wah.. hal ini terbukti jelas dengan munculnya beberapa perusahan atau industri IT “raksasa” di indonesia terutama di tanah jawa dan beberapa tempat di luar papua seperti Traveloka, Tokopedia, Go-jek dan lainnya. Jika dilihat bahwa perkembangan teknologi dan informasi akan terus berkembang dalam beberapa tahun kedepan.

Sudah siapkah kita di papua?

Oo.. io adoo ini ada kabar bahwa Presiden Indonesia berencana untuk menjadikan Indonesia sebagai pemegang ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara. Maka untuk mendukung program itu Kementrian Komunikasi dan Informatika akan mewujudkan visi itu di tahun 2020 mendatang.
Hal ini merupakan kabar bahagia bagi para developer di negara ini, namun kita di papua belum siap menerima kabar ini karena belum banyak bahkan hampir tidak ada developer dari anak asli papua sendiri yang bisa bersaing dan berkarir di industri teknologi.

Saya melihat bahwa mahasiswa papua yang menekuni di bidang sospol, hukum, pemerintah dan yang lainnya sudah cukup banyak, sementara minat untuk belajar di bidang IT sangat kurang bahkan tidak ada mungkin karena latar belakang pendidikan di papua atau karena apa? Entahlah!

Hal ini merupakan kekurangan serius dalam sumber daya manusia papua di bidang teknologi, sehingga akan membuat pertumbuhan startup teknologi di papua akan menjadi lambat.

Harapan saya, ingin sekali saya melihat developer papua menjadi raja teknologi di atas tanahnya sendiri.

Bukankah begitu? Sahabat!

nanomag

Saya adalah Peziarah Kehidupan yang berkelana di Ilalang Kebebasan, demi mencari kehidupan yang menghidupkan untuk mengusik Duka Nestapa di Negeri Hitamku.

.

bagikan kontent ini!

Diposting Oleh : Ugai Piyauto - Kolom ,

Komentar Anda :

TERPOPULER

SAHABAT

"18 TAHUN ALIANSI MAHASISWA PAPUA [AMP]"

Mengabdi Pada Gerakan Pembebasan Nasional Papua 27 Juli 1998 – 27 Juli 2016.

Saya, ALFRIDUS DUMUPA selaku admin blog UGAI PIYAUTO mengucapkan:
"Selamat Hari Ulang Tahun AMP Yang Ke - 18 ".

×