Headlines
Published On:Tuesday 17 May 2016
Posted by Unknown

Gambar Ini Sering Muncul di TV, Apa Sebenarnya?

SMPTE Color Bars
Gambar ini kenapa selalu hadir setiap TV di rumah kita selama ini? Perkenalkan, itu merupakan stardard test/testcard dengan jenis color bar dan ialah yang membantu channel televisi dan TV kita sendiri untuk tetap menampilkan warna dan kecerahan yang tepat selama ini. Namun bagaimana ya cerita dibalik strip berwarna yang sering muncul pada saat channel berhenti beroperasi tersebut?

SMPTE Color Bars

SMPTE Color Bars 

Saat tengah malam, ketika sebuah channel televisi berhenti mengudara, maka mereka akan menampilkan serangkaian strip berwarna dengan diiringi oleh suara monotone yang panjang dan keras. Strip dan suara tersebut dikenal dengan nama Society Motion Picture and Television Engineers’s Engineering Guideline EG 1-1990. Fungsinya adalah untuk mengkalibrasi monitor dan televisi.
Semua warna yang dihadirkan oleh color bar tersebut bukan disusun dengan asal. Warna kuning, cyan, hijau, magneta, merah, dan biru di tengah layar kamu itu disusun mulai dari warna yang paling cerah hingga paling redup. Susunan itu digunakan untuk menentukan white level yang tepat dari monitor kamu. Sedangkan untuk rangkaian warna di bawahnya, ada warna biru, hitam, magenta, dan seterusnya yang digunakan untuk menentukan color balance.

PM5544

PM5544 

Nah ini dia test card yang tidak kalah seringnya kita jumpai di televisi. Iya gambar tersebut merupakan test card bernama PM5544 dan memang sering digunakan untuk TV dengan format video PAL atau Phase Alternate Line. Jika SMPTE Color Bars pada awalnya dikhususkan untuk format video NTSC yang biasanya diperuntukkan untuk wilayah Amerika Utara (yang kemudian juga digunakan untuk PAL juga), maka PM5544 memang dikhususkan untuk televisis PAL untuk wilayah Eropa dan Asia.

Semoga bermanffat!

nanomag

Saya adalah Peziarah Kehidupan yang berkelana di Ilalang Kebebasan, demi mencari kehidupan yang menghidupkan untuk mengusik Duka Nestapa di Negeri Hitamku.

.

bagikan kontent ini!

Diposting Oleh : Unknown - Kolom

Komentar Anda :

TERPOPULER

"18 TAHUN ALIANSI MAHASISWA PAPUA [AMP]"

Mengabdi Pada Gerakan Pembebasan Nasional Papua 27 Juli 1998 – 27 Juli 2016.

Saya, ALFRIDUS DUMUPA selaku admin blog UGAI PIYAUTO mengucapkan:
"Selamat Hari Ulang Tahun AMP Yang Ke - 18 ".

×