Headlines
Published On:Sunday, 15 May 2016
Posted by Ugai Piyauto

Apa Perbedaan Android Studio dan Eclipse?

Perbedaan Android Studio dan Eclipse

Perbedaan Android Studio dan Eclipse

  • Android Studio

Android Studio adalah suatu IDE yang sudah terkenal saat ini. Android Studio sendiri baru saja di rilis oleh Google, dan sudah menjadi IDE resmi untuk pembuatan aplikasi berbasis Android.

Karena Android Studio ini adalah hasil pengembangan dari Eclipse, maka tentunya memiliki banyak fitur-fitur yang baru dibanding Eclipse.Perbedaannya dengan Eclipse, Android Studio memakai Gradle untuk build environmentnya.

Berikut fitur-fitur yang ada di Android Studio:

1. Memakai Gradle-based build system yang fleksibel.
2. Dapat mem-build multiple APK .
3. Tersedianya template support untuk Google Services serta untuk tipe-tipe perangkat lainnya.
4. Tampilan editor yang lebih baik dan bagus.
5. Google Cloud Platform built-in support, maka akan memudah untuk diintegrasikan dengan Google
6. Cloud Messaging dan App Engine.

Dari sisi build memang lebih unggul apabila dibandingkan dengan Eclipse, ini disebabkan Android Studio memakai Gradle. Perbedaan lainnya dari Eclipsetidak diperlukannya lagi dependencies package. Serta memiliki keunggulan dalam tampilan xml editor yang secara visual jauh lebih baik dibanding Eclipse.

Adapun kekurangan dari Android Studio menurut saya, lebih dari sisi aesthetic, dimana default logcatnya tidak berwarna gitu. Sehingga saya perlu mensetting warnanya sendiri,ribet dah. Tapi ada juga keunggulan dari sisi aesthetic, yaitu Android Studio otomatis include theme berwarna hitam/dark, sehingga berguna bagi orang yang lebih suka coding dengan editor yang berwarna gelap. hihihi.

  • Eclipse

Jika pada Eclipse kita biasa menggunakan nama Workspace, maka di Android Studio Workspace yang berisi kumpulan project itu disebut dengan Project. Sedangkan apa yang di Eclipse disebut dengan Project, di Android Studio dinamakan dengan Module.

Kesimpulan 

Salah satu alasan yang paling sering muncul adalah karena Android Studio terlalu banyak memakan memori saat dijalankan. saya sendiri menggunakan laptop dengan RAM 4GB masih sering mengalami lag saat menggunakan Android Studio. Padahal 4GB menurut saya sudah cukup besar. Oleh karena itu, untuk membuat Android Studio lebih nyaman digunakan dan menjadi pilihan utama bagi semua programmer Android diseluruh dunia, Google memilih untuk meninggalkan ADT dan mengembangkan Android Studio. :D Jadi klo mau pakai yang ringan silakan pakai editor Eclipse.

Demikianlah penjelasan mengenai "Perbedaan Android Studio dengan Eclipse".

Semoga bermanfaat!

nanomag

Saya adalah Peziarah Kehidupan yang berkelana di Ilalang Kebebasan, demi mencari kehidupan yang menghidupkan untuk mengusik Duka Nestapa di Negeri Hitamku.

.

bagikan kontent ini!

Diposting Oleh : Ugai Piyauto - Kolom , ,

Komentar Anda :

TERPOPULER

SAHABAT

"18 TAHUN ALIANSI MAHASISWA PAPUA [AMP]"

Mengabdi Pada Gerakan Pembebasan Nasional Papua 27 Juli 1998 – 27 Juli 2016.

Saya, ALFRIDUS DUMUPA selaku admin blog UGAI PIYAUTO mengucapkan:
"Selamat Hari Ulang Tahun AMP Yang Ke - 18 ".

×