Headlines
Published On:Friday, 26 February 2016
Posted by Ugai Piyauto

Belajar Dari Markus Amoye You

Foto : Markus Amoye You
Siapa Markus Amoye You? Banyak kalangan di Tanah Papua maupun di luar Tanah Papua mengenalnya karena “tulisan”. Lelaki asal suku Mee dari Epouto ini adalah seorang jurnalis senior asli Papua. 

Kehebatan menulisnya, sepengetahuan saya berawal dari “Majalah Dinding” SMP YPPK St. Fransiskus Assisi Moanemani (kini ibukota faktual Kabupaten Dogiyai). Sekitar tahun 1990-an, ketika beliau masih menempu pendidikan di sana, tulisannya selalu muncul di Majalah Dinding SMP SMP YPPK St. Fransiskus Assisi Moanemani. Bakat menulisnya selanjutnya beliau salurkan melalui Surat Kabar Tifa Irian (yang kemudian berubah nana menjadi Tifa Papua) ketika beliau melanjutkan pendidikannya di SMA Katolik Teruna Bakti Waena, Jayapura. Di sini beliau resmi menjadi wartawan Tifa Papua. Setelah melanjutkan pendidikan tingginya di Jurusan Ilmu Komunikasi STPMD “APMD” Yogyakarta, beliau masih berstatus sebagai wartawan Tifa Papua sampai surat kabar tersebut resmi ditutup. Di Yogyakarta, beliau melanjutkan bakat menulisnya dengan menjadi kontributor untuk beberapa media online, terutama media online yang fokus pada permasahan Tanah Papua. Sepulang dari Yogyakarta, beliau diterima menjadi wartawan Papua Pos Nabire. Dan beberapa tahun kemudian diterima menjadi wartawan Tabloid Jubi. Sampai sekarang “Yamoye” (nama panggilannya) terus menulis walaupun sudah menjadi “pejabat” anggota KPU Kabupaten Paniai.

Apa kehebatan Markus Amoye You, sehingga orang harus belajar kepadanya? Di balik kesederhanaannya, ada tiga kehebatannya.

Pertama, menyadari dan konsisten dengan bakat atau talentanya. Bakat atau talenta Markus Amoye You adalah menulis. Beliau telah menyadari itu sejak awal (ketika masih berpendidikan di SMP YPP St. Fransiskus Assisi Moanemani) dan benar-benar memanfaatkannya untuk kebaikan hidupnya dan hidup orang lain. 

Kedua, jurnalis-aktivis. Markus Amoye You tidak hanya sebagai jurnalis, tetapi juga sebagai aktivis. Beliau pernah terlibat dalam berbagai aktivitas pergerakan yang konsen pada penderitaan hidup orang Papua. Dan hal itu telah menciptakan jiwanya yang kritis pada masalah kemanusiaan. 

Ketiga, tulisan yang aktual dan faktual. Tulisan yang dilahirkan oleh Markus Amoye You selalu aktual dan faktual, sehingga mampu menggambarkan dinamika kehidupan yang nyata pada setiap saat. Beliau mampu menghidupan “kesepian” Papua dalam pemberitaan di media massa.

Tuhan selalu mengajarkan kebaikan dan kebenaran kepada kita melalui orang lain, agar kita dapat menjalani hidup dengan baik dan benar di dunia ini. Markus Amoye You adalah salah satu panutan hidup itu. Marilah kita belajar dari kehebatannya untuk menjadi orang hebat dan menciptakan kehidupan hebat.

Oleh : Dumupa Odiyaipai
Source : facebook/dumupa-odiyaipai

nanomag

Saya adalah Peziarah Kehidupan yang berkelana di Ilalang Kebebasan, demi mencari kehidupan yang menghidupkan untuk mengusik Duka Nestapa di Negeri Hitamku.

.

bagikan kontent ini!

Diposting Oleh : Ugai Piyauto - Kolom

Komentar Anda :

TERPOPULER

SAHABAT

"18 TAHUN ALIANSI MAHASISWA PAPUA [AMP]"

Mengabdi Pada Gerakan Pembebasan Nasional Papua 27 Juli 1998 – 27 Juli 2016.

Saya, ALFRIDUS DUMUPA selaku admin blog UGAI PIYAUTO mengucapkan:
"Selamat Hari Ulang Tahun AMP Yang Ke - 18 ".

×