Headlines
Published On:Monday, 25 May 2015
Posted by Ugai Piyauto

Pacific Islands Forum (PIF)

Logo : Pacific Island Forum (PIF)
The Pacific Islands Forum adalah sebuah organisasi antar pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan kerja sama antara negara-negara independen dari Samudera Pasifik. 

Forum ini adalah pengamat resmi di PBB dan didirikan pada tahun 1971 dengan nama South Pacific Forum. Pada tahun 1999, namanya berubah Pacific Islands Forum adalah lebih inklusif keanggotaan Oceania mencakup Forum kedua utara dan negara-negara pulau selatan Pasifik dan Australia.

Misi Pacific Islands Forum adalah "bekerja dalam mendukung anggota Forum pemerintah, untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosial masyarakat dari Pasifik Selatan dengan mendorong kerjasama antara pemerintah dan antara badan-badan internasional, dan dengan mewakili kepentingan Forum anggota dengan cara yang disepakati oleh Forum.

 "Keputusan dilaksanakan oleh Forum Kepulauan Pasifik Sekretariat (PIFs), yang tumbuh dari Biro Pasifik Selatan untuk Kerjasama Ekonomi (SPEC). Serta perannya dalam harmonisasi posisi daerah pada berbagai isu politik dan kebijakan, Sekretariat Forum memiliki program teknis dalam pembangunan ekonomi, transportasi dan perdagangan. Pasifik Islands Forum Sekretaris Jenderal adalah Ketua tetap Dewan Organisasi Daerah di Pasifik (TANAMAN).

Australia dan Selandia Baru umumnya lebih besar dan lebih kaya daripada negara-negara lain yang membentuk sisa forum, penduduk Australia adalah sekitar dua kali lipat dari 15 anggota lainnya digabungkan dan ekonominya lebih dari lima kali lebih besar. Mereka donor bantuan yang signifikan dan pasar besar untuk ekspor dari negara-negara lain.

Pasukan militer dan polisi serta personil sipil Forum negara, terutama Australia dan Selandia Baru, baru-baru ini menjadi bagian dari perdamaian dan stabilisasi operasi regional di negara-negara lain, terutama di Kepulauan Solomon (2003-) dan Nauru (2004-2009), di bawah naungan Forum. Upaya regional seperti yang diamanatkan oleh Deklarasi Biketawa, yang diadopsi pada KTT ke-31 Pemimpin Forum Kepulauan Pasifik, yang diselenggarakan di Kiribati pada Oktober 2000.

Pada bulan September 2011, wilayah AS Samoa Amerika, Guam dan Kepulauan Mariana Utara diberikan status pengamat di Forum Kepulauan Pasifik.

Source : Wikipedia/

nanomag

Saya adalah Peziarah Kehidupan yang berkelana di Ilalang Kebebasan, demi mencari kehidupan yang menghidupkan untuk mengusik Duka Nestapa di Negeri Hitamku.

.

bagikan kontent ini!

Diposting Oleh : Ugai Piyauto - Kolom

Komentar Anda :

TERPOPULER

SAHABAT

"18 TAHUN ALIANSI MAHASISWA PAPUA [AMP]"

Mengabdi Pada Gerakan Pembebasan Nasional Papua 27 Juli 1998 – 27 Juli 2016.

Saya, ALFRIDUS DUMUPA selaku admin blog UGAI PIYAUTO mengucapkan:
"Selamat Hari Ulang Tahun AMP Yang Ke - 18 ".

×